Senin, 28 Juni 2010

2 tips sederhana mengiris/merajang bawang merah



bagi anda yang sering mengiris bawang merah pasti pernah merasakan perih di mata seperti orang yang menagis. penyebab keluarnya air mata bukanlah karena  dongeng si bawang merah dan bawang putih yang di ceritakan orang tua kita saat kita kecil.

sel Bawang Merah kaya akan belerang. pada saat mengiris bawang merah, gangguan sel dan senyawa menguap, mencapai mata. Asam bereaksi dengan uap air di mata memproduksi asam sulfat, menghasilkan sensasi terbakar, iritasi ujung saraf dan selanjutnya stimulasi dari kelenjar airmata. Dalam iritasi mata, otak merespon dengan memerintahkan saluran air mata untuk memproduksi air mata untuk mencairkan asam dan melindungi mata. Untuk menghindari agar mata tidak terasa perih saat mengiris bawang merah, ini adalah tips dan trik mudah yang bisa anda gunakan :


1- Merendam bawang merah didalam air dingin
Sebelum mengiris bawang merah alangkah baiknya jika anda merendamnya terlebih dahulu dalam air dingin. hal ini dilakukan agar supaya senyawa belerang terlebih dahulu bereaksi dengan air yang menggelilinginya, sebelum mengguap dan menggenai mata.
2- Membekukan bawang merah
Membekukan bawang merah sekitar 10 menit bisa juga anda coba sebelum menggiris bawang, karena dengan suhu yang dingin akan memperlambat penguapan asam bawang.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "2 tips sederhana mengiris/merajang bawang merah"