Senin, 05 Juli 2010

tips blogwalking bermutu

Tips  BerBlogwalking Yang Baik - Selain Update Blog, kegiatan yang sering Anda lakukan sebagai seorang Blogger adalah Blogwalking. Mengunjungi blog-blog orang lain sebagai sarana promosi dan membangun backlink tentunya, bahkan bisa dijadikan sarana untuk membangun relasi dengan Blogger lain. Namun, terkadang kegiatan ini juga disalahgunakan sebagai ajang "nyepam" komentar. Hal ini seperti terlihat menguntungkan, padahal ini merugikan sekali. Agar usaha blogwalking efektif, kita harus menjaga kenyamanan empunya blog dan komentator lain juga.

Blogwalking itu lebih dari sekedar ajang mempromosikan blog, tetapi juga sebagai media mencitrakan Blog kita sendiri. Untuk itu, disini akan saya beri tips mengenai bagaimana blogwalking yang baik. :




Tentang Etika:



1. Baca dulu artikel yang ingin dikomentari, gak dibaca keseluruhan juga gak apa-apa, yang penting garis besarnya Anda tahu.



2. Berkomentarlah yang sesuai dengan isi artikel. Ini karena saya pernah menjumpai beberapa komentar yang tidak sesuai dengan isi artikel, sehingga terkesan Nyepam.



3. Gunakan bahasa yang baik dan sopan, bahasa gaul juga gak apa-apa.



4. Jangan menaruh link di dalam komentar, Nama dan URL cukup di form identitas komentar saja, jangan ditambahkan ke dalam komentarnya. Ini akan membuat empunya blog tidak nyaman karena terkesan cuma mencari backlink dan nyepam.



5. Hindari kata-kata, "kunjungi balik ya", "ditunggu kunjungannya", atau "blog kamu dah tak kunjungi, kunjung balik dan komentari ya". Ini justru akan membuat blog Anda tidak dikunjungi karena empunya blog sudah merasa ditodong terlebih dahulu. Berkomentar saja yang wajar, biasanya empunya blog akan membalas mengunjungi kita (kalau komentatornya belum banyak si)



Tentang Sisi Bloggingnya:



1. Usahakan berkomentar di
Blog Yang Do Follow. Supaya juga mendapat tambahan backlink. Akan lebih baik lagi jika blog yang kita komentari mempunyai widget Top Komentator.


2. Sekalian berkomentar, Anda juga bisa mengajak tukeran link.



3. Usahakan komentar kita juga bisa menarik pengunjung lainnya untuk mengunjungi blog kita. Jadi buat komentar yang semenarik mungkin.



4. Beri URL Artikel Kita jangan URL Homepage. Apa ni maksudnya? Maksudnya adalah saat mengisi kotak identitas komentar isilah dengan URL artikel blog Anda. Misalnya saya berkomentar di blog Anda, biasanya data yang diisikan sebagai berikut:



Nama: trik and tips

URL : http://tipsstorage.blogspot.com/


URL diatas adalah URL Homepage blog saya, akan lebih baik jika diganti dengan URL artikel blog, misalnya:



NAma: trik and tips

URL : http://tipsstorage.blogspot.com/2010/06/10-hal-yang-menyebabkan-pemborosan.html


Apa tujuannya?



a) Jika Anda berkoemntar di
Blog Do Follow, cara diatas berfungsi untuk menambah Backlink ke dalam URL artikel Anda, jadi diharapkan nantinya posisi artikel tersebut di Search Engine makin kuat.


b) Dengan diberinya URL artikel, saat empunya blog atau pengunjung lain memg-klik identitas koemntar Anda, otomatis mereka akan masuk ke blog Anda dengan langsung disuguhi sebuah artikel. Ini akan meningkatkan kemungkinan untuk membaca rtikel tersebut dan meninggalkan komentar. Bandingkan jika Anda memberikan URL Homepage, maka ia akan masuk ke halaman utama blog Anda, dimana ada beberapa potongan artikel yang bisa dia baca, namun karena banyak pilihan yang bisa dibaca, kemungkinan ia akhirnya memilih untuk melihat-lihat saja seperti apa blog Anda. Jadi intinya, cara ini bisa meningkatkan jumlah komentar di blog Anda.



sumber :BlogMamet.com

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

1 komentar: on "tips blogwalking bermutu"

bagosbanget mengatakan...

Oke lah. BTW, blog ini dofollow nggak? Berat juga yah themenya.